Friday, 27 March 2020

Kajian Isu Terkini dan Aktual "Fashionable tapi jangan asal pilih"

Kamis ,27 Februari 2020 – Telah diselenggarakan  Acara KITA ( Kajian Isu Terkini  dan Aktual ) Oleh Departemen KPI dari HMJ Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan dengan tema “ Fashionable tapi jangan asal pilih , meski telah suka bahkan terlanjur cinta “ di Meeting Room Gedung FEBI IAIN Pekalongan Kampus II lantai 3 . Pemateri acara tersebut Ibu Nurul Maisyal ( Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam  IAIN Pekalongan ). 
Acara dihadiri oleh Bapak M. Aris Safi’I, M.E.I selaku Plt. Ketua Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan , Para Pengurus HMJ Ekonomi Syariah FEBI IAIN Pekalongan , Serta Para peserta dari Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan.  Acara yang pertama Pembukaan diisi dengan membaca Basmalah bersama  , dilanjut dengan Pembacaan Curriculum vitae  dari Pemateri Kajian , dan setelahnya dari moderator menyerahkan acara kepada pemateri dengan ada sesi Tanya jawab sdan yang terakhir penutupan acara kajian.  Setelahnya acara diskusi yang mana moderator menyerahkan acara kepada Pemateri kajian  yang membahas materi bertemakan “Fashionable tapi jangan asal pilih , meski telah suka bahkan terlanjur cinta “ . Membahas mengenai Fashion sudah tidak asing terdengan di telinga baik kanan maupun kiri, Tetapi yang di bahas disini merupakan bagaimana  fashionable dari Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan menurut syariat . Dizaman sekarang ini  Fashionable  merupakan sebuah kebutuhan yang penting dalam melaksanakan aktivitas sehari-harinya. Dalam Fashionable itu boleh karna hal itu merupakan pilihan dari diri sendiri tetapi juga jangan melupakan akhlak atau etika, artinya dalam Fashionable itu harus dapat membawa diri agar sesuai dengan lingkungan dan apa yang dikenakannya,  tidak hanya gaya berpakaian tetapi akhlak juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebagai Mahasiswa tentunya kita harus dapat mengetahui fungsi dari pakaian itu sendiri , Menurut pemateri bahwa fungsi utama pakaian itu ada empat , diantaranya  : Tutup Aurat, Tidak Ketat, Tidak Transparan, Tidak Menyerupai Laki-laki. Dari keempat fungsi tersebut dapat disebut dengan 4T. Kemudian terkait  Bagaimana Sikap perempuan dalam fungsi pakaian yang menutupi aurat , yaitu :
1. Tidak boleh Berpakaian terbuka atau transparan
2. Tidak boleh berlebihan dalam berpakaian
3. Tidak boleh menyerupai seorang laki-laki.
4. Tidak hanya tentang sikap perempuan dalam fashionablenya , tetapi laki-laki juga harus dapat memperhatikan diri sendiri dalam berpakaian seperti dalam halnya kebersihan berpakaian , tidak boleh berpakaian menyerupai perempuan dan lainnya. Ada beberapa kategori anggapan mengenai fashion :

Pertama, Fasion leadership (Gaya Kepemimpinan ) artinya orang tersebut mengkomunikasikan atau mengungkapkan informasi tentang fashion terbaru dengan tampilanya sehingga orang lain dapat terpengaruh dan memberikan tanggapan untuk menerima atau menolak fashion tersebut. Kedua, Fashion Interst ( Gaya Menarik ) artinya orang tersebut dalam fashionnya ingin menunjukan sesuatu dari dirinya agar seseorang itu tertarik melihatnya, Ketiga, Importan of being well Presert artinya orang tersebut beranggapan bahwa fashion itu penting ,  Keempat. Anti fashion attitude artinya orang tersebut beranggapab bahwa fashion juga menjukan tentang etika. Keempat kategori anggapan fashion tersebut dapat menunjukan karakter dari dirimu, kemudian ada 3 istilah yang berkaiatan dengan fashion , yakni : SL (Shopping Life Style ) indikatornya seperti : Tawaran iklan, model terbaru, merk terkenal, belanja hal yang ribet , suka shoping meski tidak beli, suka belanja online , FI (Fashion Involment ) indikatornya seperti : pakaian trend lebih dari satu, menurunkan peampilan, berbeda dengan yang lain, orang yang melihat saya , tahu fashion terbaru, mencoba terlebih dahulu, IB (Implusif Buying ). Dari ketiga istilah tersebut dijadikan kuisioner mengenai seberapa tingkat urgensi Fashion menurut Mahasiswa FEBI IAIN  Pekalongan oleh pemateri ,yang mana hasil dari kuisioner tersebut dapat disimpulkan bahwa kebanyakan mahasiswa FEBI IAIN  Pekalongan masih tinggi dalam perilaku konsumtifnya dibandingkan perilaku produktifnya. Menurut penelitian Engel (1995 ) bahwasanya pembelian berdasarkan implusif itu pembelian yang awalnya tidak ada perencanaan terlebih dahulu atau secara tiba-tiba. Ada empat tipe impulse buying (Pembelian tidak terencana ) , diantaranya :
1. Pure impulse Buying 
2. Reminder Impulse Buying 
3. Suggestion Impulse Buying
4. Planned Impulse Buying
Kemudian terkait dengan adanya video yang menunjukan seorang wanita berpakaian tertutup dan berhijab tetapi tidak dapat menyesuaikan etikanya dalam hal inilah muncul pandangan tentang bagaimana disini kita haruslah dapat menempatkan fashion yang tidak hanya berfungsi sebagai 4T tadi tetapi kita juga harus memperhatikan sikap atau etika dimanapun tempatnya. Etika disini artinya dapat bersikap baik dan juga tidak berlebih dalam berfashion dan pandai dalam menerapkan fashionable sesuai syariat islam untuk  mengikuti zamannya.  Kemudian acara dilanjut dengan sesi Tanya jawab dari para peserta sangat antusias . dan untuk acara terakhir ditutup dengan  kata-kata yang membangun dari pemateri sebagai akhir dari diskusi kajian tersebut , yakni “ Kita tidak akan maju kalau masih halu  maka haruslah kita intropeksi diri sendiri  “. Diharapkan dari peserta dapat termotivasi dan lebih memperhatikan dalam hal fashon agar dapat membawa diri dimanapun lingkungannya. 

Thursday, 26 March 2020

Kunjungan Kerja Pengurus HMJ Ekonomi Syariah 2020

14 Maret 2020 pengurus HMJ Ekos melaksanakan Kunjungan Industri ke UMKM Bakpia yang mana merupakan program kerja dari Departemen Biswira. Kami, pengurus HMJ Ekos sangat senang bisa melaksanakan Kunjungan Industri ini karena kami mendapat ilmu baru yang dapat dikembangkan sebagau industri dan juga sebagai modal pengetahuan tentang proses pembuatan makanan seperti bakpia ini. 

-Jojo Joharudin, pria kelahiran Majalengka ini merupakan pemilik UMKM Roti Bakpia. Beliau lahir pada tanggal 2 Mei 1973. Beliau mendirikan dan mulai merintis UMKM Roti Bakpia pada tahun 1997.
-Mulanya, rotu bakpia berasal dari Cina yang kemudian resep-resepnya dipelajari oleh keluarga dan saudaranya yang lain hingga saat ini. Namun, pak Jojo mengembangkan usahanya hingga ke berbagai daerah seperti Lombok, Bali, Surabaya, Jabodetabek, dan Jawa Tengah, khususnya Pekalongan yang juga mempunyai 3 tempat produksi yaitu di Simbang, Wiradesa dan Kertoharjo. 
-Pada awal proses perintisan, usaha tersebut hanya mempunyai 3 orang karyawan, hingga pada tahun 2011 usaha tersebut sempat menjadi PT di Tangerang dengan 450 orang karyawan. Dalam menjalankan usahanya saat ini, Pak Jojo mempekerjakan 8 orang karyawan untuk bekerja di bagian produksi dan 10 orang sebagai sales. Sehingga, total karyawan dalam usaha tersebut adalah 18 orang. Dan ini hanya di daerah Pekalongan yang bertempat di Kertoharjo saja, selebihnya ada kurang lebih ratusan karyawan yang tersebar di berbagai daerah untuk sekarang ini. 
-Ada bermacam-macam roti bakpia yang dibuat oleh beliau, diantaranya ada roti yang berbentuk persegi dengan isi kacang hijau, ada yang berbentuk bundar dengan rasa kacang dan keju, dan ada pula yang berbentuk bulat dengan isi coklat atau keju. Semua roti tersebut di produksi mulai dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore. Untuk ketahanan rotinya sendiri biasanya tahan hingga 2 minggu, bahkan bisa tahan sampai 1 bulan jika waktu memanggangnya sesuai atau bagus. Proses pemanggangan biasanya membutuhkan waktu selama 35 menit agar roti yang dihasilkan benar-benar matang. Setelah proses pemanggangan, roti yang sudah matang tersebut diangkat dan didiamkan hingga roti terasa tidak panas agar saat dikemas tidak mengembun dan tidak mempercepat proses jamur. 
-Kemasan roti yang digunakan beliau yaitu toples yang dapat diisi kurang lebih 25 roti. Kemasan ini dapat mempermudah sales saat mendistribusikan roti tersebut ke berbagai daerah. Biasanya, roti akan didistribusikan ke warung atau toko pada daerah-daerah yang menjadi tujuan sales, seperti Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, dll. 


Kemudian, setelah melaksanakan Kunjungan Industri tersebut kami melanjutkan untuk melihat dan belajar di Museum Batik Pekalongan. Di sana, terdapat banyak sekali koleksi-koleksi batik dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada pula dari luar negeri seperti Malaysia, India, Cina, dll. 
Di Museum Batik pun kita dikenalkan dengan bahan-bahan untuk membuat warna batik, canting yang digunakan, cap batik, kompor dan wajan untuk lilin batik, serta kain yang biasa digunakan untuk membatik. Pokoknya komplit peralatan untuk membatik. 
Kemudian, kita juga mendapat kesempatan untuk mencoba membatik dengan menggunakan cap batik dan juga dengan canting batik atau biasa disebut dengan batik tulis. 

Saturday, 21 September 2019

Pelatihan Kepemimpinan Dasar HMJ EKOS 2019

PELATIHAN KEPEMIMPINAN DASAR HMJ EKONOMI SYARIAH 2019


Pekalongan - Alhamdulillahirobbil'alamiin telah terlaksana Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah 2019 IAIN Pekalongan dengan tema "Membentuk Mahasiswa yang Berkompeten dalam Ekonomi Islam serta Berwawasan Kebangsaan". PKD ini dilaksanakan pada tanggal 14-15 Desember 2019 di Sinangoh Prendeng, Kajen.
  Kegiatan ini dilaksanakan guna sebagai salah satu syarat atau syarat yang pertama untuk menjadi pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah periode selanjutnya. Selain itu kegiatan PKD ini juga bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan pada diri seseorang serta memiliki wawasan kebangsaan.
  PKD ini diikuti oleh hampir 200 peserta yang tentunya telah memenuhi persyaratan. Pemberangkatan acara ini dibagi menjadi dua kloter, kloter pertama berangkat jam 09.00 dan kloter kedua jam 11.00. 
  Untuk menjadi pemimpin diperlukan materi sebagai bekal ilmu nantinya. Dengan demikian materi dalam acara PKD ini yang pertama adalah Materi Ekonomi dengan Pemateri Pak Sultan selaku Dosen IAIN Pekalongan, materi kedua yaitu tentang Peran Mahasiswa dengan Pemateri salah satu Demisioner, dan materi ketiga yaitu tentang Kepemimpinan dengan Pemateri Kak Jaka Priyatna. 

  Dalam kegiatan PKD ini juga ada FGD (Forum Grup Discution) guna untuk mereview materi" yang sudah disampaikan oleh pemateri. Selain itu juga dapat melatih mental seseorang untuk menyampaikan pendapat.
  
  Kemudian paginya pada hari Ahad tanggal 15 September 2019 diadakan senam, outbound, serta evaluasi guna untuk merilekskan pikiran kita.



Tuesday, 21 May 2019

Bagi Takjil dan Buka Bersama HMJ Ekonomi Syariah

Bagi Takjil dan Buka Bersama HMJ Ekonomi Syariah


Pekalongan - Alhamdulillah telah terlaksana dengan lancar kegiatan bagi takjil dan buka bersama Pengurus HMJ Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan pada bulan suci ini.



  Pada bulan Ramadan, seringkali banyak ditemui orang atau kelompok yang membagikan makanan secara gratis baik di dalam masjid, musala, atau di jalan raya. Semua ini dilakukan tidak lain karena niat untuk berbagi di bulan yang suci ini. Nah kita dari HMJ Ekonomi Syariah ini membagikan takjil di sekitar Tugu jalan raya Kedungwuni, Pekalongan. Semoga kegiatan bagi takjil ini dapat bermanfaat bagi orang lain.


Setelah kegiatan bagi takjil di jalan raya Kedungwuni, kami lanjut dengan kegiatan buka bersama di rumah salah satu pengurus yaitu Faiz Kurnia yaitu di Kranji Kedungwuni Timur. Kenapa kami memilih rumah Faiz? Ya karena jarak yang lebih dekat dengan tempat pembagian takjil tadi sehingga waktu lebih efisien.
  Selain Hidangan makanan berbuka yang khas pada saat bulan puasa. Hal lain yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang adalah ikut menjalankan buka puasa bersama. Kegiatan yang satu ini dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi yang lebih erat. Kegiatan buka bersama memang menyenangkan apalagi berada bersama-sama dalam satu forum yang sama dan menanti waktu berbuka akan tentu menjadi momen yang sangat menyenangkan.

Thursday, 25 April 2019

SEMINAR NASIONAL "OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN UMKM DAN SOCIOPRENEUR DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0"

SEMINAR NASIONAL "OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN UMKM DAN SOCIOPRENEUR DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0"


Pekalongan-
 Alhamdulillahirobbil'alamiin. Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan (HMJ Ekos) telah mengadakan Seminar Nasional dengan tema "Optimalisasi Pemberdayaan UMKM Dan Sociopreneur Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0" dalam rangka milad HMJ Ekonomi Syariah (SECTION) . Seminar Nasional ini di narasumber oleh Kak Danu Sofwan selaku CEO RANDOL (Raja Cendol) serta Penulis Buku Madesu dan Kak Rudy Setiawan selaku Co-Founder pebisnismuda.net Co-Founder @fortisindonesia Co-Founder skoola.id. Seminar Nasional ini di Moderatori oleh Bpk. Bambang Sri Hartono selaku Dosen Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

  Istilah Indonesia 4.0 pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Awal mula dari istilah ini adalah terjadinya revolusi industri di seluruh dunia, yang mana merupakan sebuah revolusi industri keempat. Dapat dikatakan sebagai sebuah revolusi, karena perubahan yang terjadi memberikan efek besar kepada ekosistem dunia dan tata cara kehidupan. Revolusi industri 4.0 bahkan diyakini dapat meningkatkan perekonomian dan kualitas kehidupan secara signifikan. Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini membawa pengaruh besar dalam dunia bisnis.  
  Pemberdayaan UMKM berkaitan langsung dengan kehidupan dan peningkatan kesejahteraan bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Keberadaan UMKM yang dominan sebagai pelaku ekonomi juga merupakan subyek vital dalam pembangunan, khususnya dalam rangka perluasan kesempatan berusaha bagi wirausaha baru dan penyerapan tenaga kerja serta menekan angka pengangguran.


  Foto diatas adalah salah satu mahasiswa yang telah mendapatkan hadiah buku dari Kak Danu Sofwan yang berjudul MADESU (Masa Depan Sukses).






Monday, 25 March 2019

Lomba Sharia Business Plan (SECTION 2019)

LOMBA SHARIA BUSINESS PLAN


1. Definisi
  Lomba business plan merupakan ajang lomba untuk mewadahi kreatifitas 
mahasiswa dalam mengungkapkan ide bisnisnya untuk dapat direalisasikan. Business 
plan menggagas tentang suatu ide usaha yang menerapkan prinsip-prinsip etika 
bisnis Islam. Diutamakan bisnis yang berorientasi terhadap kemaslahatan umum 
(sosiopeneur).

2. Persyaratan Bagi Peserta
a. Peserta tim (3 orang)
b. Peserta Sharia Business Plan diperbolehkan mengikuti seluruh kegiatan 
dalam Section HMJ EKOS.
c. Mahasiswa yang berstatus aktif (D3 atau S1) se-kabupaten/kota pekalongan.
d. Anggota tim dapat berasal dari fakultas atau jurusan yang berbeda tetapi 
harus dalam satu universitas.

3. Prosedur Pendaftaran
a. Peserta mengunduh petunjuk teknis & formulir di website http://hmjekos- iainpkl.blogspot.com
b. Peseta mengirimkan proposal (softcopy dan hardcopy), formulir yang telah 
diisi lengkap, dan scan KTM ke email: aviananur19@gmail.com
c. Peserta memberi konfirmasi bahwa telah selesai mendaftar ke panitia via 
sms dengan format: SBP_Nama Anggota Kelompok _Alamat email (salah 
satu anggota kelompok) kirim ke CP yang ada di bawah.
d. Batas Pengiriman Proposal, Formulir, dan kelengkapan lainnya sebagaimana 
yang telah disebutkan pada poin kedua dikirimkan paling lambat pada tanggal 
15 April 2019.
*Pendaftaran tidak dipungut biaya
*Untuk hardcopy proposal di serahkan kepada panitia.

4. Prosedur Penulisan
a. Proposal Sharia Business Plan terdiri atas cover, isi, dan lampiran. Desain 
proposal bebas sekreatif mungkin oleh peserta.
b. Format Cover harus tertera:
1) Judul proposal Sharia Business Plan
2) Nama kelompok & anggota lengkap dengan NIM
3) Logo, nama perguruan tinggi, dan kota perguruan tinggi peserta
4) Tahun pembuatan
5) Dalam rangka mengikuti “Section HMJ Ekos Ke-XIII
c. Bentuk Proposal (Portait) menggunakan kertas A4.
d. Maks 20 halaman *tidak termasuk cover dan lampiran.
e. Poin-poin yang wajib ditulis pada isi:
1) Executive Summary
Berisi tentang rangkuman ide bisnis plan antara lain jenis produk, 
visi-misi, alasan mengapa anda memilih bisnis tersebut hingga 
bagaimana prospek usaha anda ke depan.
2) Latar Belakang Perusahaan
a) Data lengkap perusahaan
 Nama Perusahaan
 Jenis produk atau bidang usaha
 Model bisnis yang diterapkan
 -.....*tambahkan sub poin lain apabila perlu
b) Tujuan Perusahaan
c) Struktur organisasi dalam perusahaan
3) Analisis Pasar
a) Produk/jasa yang diproduksi atau dihasilkan.
b) Target pasar yang dituju
c) Analisis SWOT
4) Rencana Operasi
a) Berisikan tentang teknis pelaksanaan bisnis
b) Berisikan tentang desain produksi
c) Berisikan tentang cara distribusi
d) Berisikan tentang pemanfaatan teknologi pada bisnis yang 
dikelola
5) Rencana Pemasaran
Berisikan tentang bagaimana strategi yang diterapkan dalam 
memasarkan produk atau jasa.
6) Rencana SDA & SDM
a) Mendeskripsikan tentang bagaimana pengelolaan SDA sebagai 
modal bisnis dan pengalokasiannya, serta mengelola dan 
menempatkan SDM pada perusahaan anda.
b) Sertakan job description, job specification, hingga 
pengalokasian biaya-biaya untuk pengeloalaan pada 
perusahaan anda.
7) Rencana Keuangan
Berisikan tentang perhitungan keuangan dari awal penganggaran 
modal hingga tercapainya BEP (titik impas) dan wajib diproyeksikan 
dalam jangka waktu 5 tahun.
8) Analisis Dampak Lingkungan
Berisikan tentang uraian dampak bisnis pada masyarakat sekitar, 
dampak terhadap lingkungan, analisis resiko usaha, serat bagaimana 
solusi yang ditawarkan.
9) Rencana Pengembangan Usaha
Berisi tentang rencana pengembangan usaha bisnis yang 
berorientasi pada bisnis masyarakat. Sertakan tahapan-tahapan 
kegiatan pengembangan bisnis perusahaan anda hingga pada tahapan 
pengembangan bisnis masyarakat.
10) Lampiran
a) Foto produk, proses produksi, dan bentuk pengemasan produk.
b) Peta lokasi bisnis. Sertakan pula alasan pemilihan tempat 
tersebut.
c) - ....*Tambahkan sub-poin lain bila perlu.

5. Ketentuan Finalis
a. Peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi berkas akan masuk dalam penilaian 
juri.
b. Dari hasil penilaian juri akan diambil delapan tim yang diundang untuk 
hadir dalam presentasi.
c. Keputusan juri bersifat Mutlak tidak dapat diganggu gugat.
d. Peserta yang lolos wajib membayar biaya sebesar Rp 50.000,-/tim. 
e. Pembayaran dapat dilakukan di Kantor UKM HMJ Ekos lt.1 IAIN 
Pekalongan. (maksimal tanggal 12 april 2019)
f. Pengumuman finalis diumumkan melalui SMS. 

6. Teknis Finalis
a. Finalis mempresentasikan proposal business plannya dengan durasi 10 
menit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan juri/peserta lain 
dengan durasi waktu 10 menit.
b. Finalis diwajibkan membawa sampel produk atau berupa brosur/pamflet 
untuk bisnis plan dalam bentuk jasa.

7. Hadiah
a. Juara 1 : Uang Pembinaan + Thropi + Sertifikat
b. Juara 2 : Uang Pembinaan + Thropi + Sertifikat
c. Juara 3 : Uang Pembinaan + Thropi + Sertifikat. 

8. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi CP: 
a. 085700638669 (Nur Aviana)
b. 082324875466 (Kani Kuswanto)

Lomba Cover Lagu (SECTION 2019)

LOMBA COVER LAGU 2019


  • Ketentuan Peserta

1. Merupakan Mahasiswa Islam IAIN Pekalongan ditunjukkan dengan KTM
2. Menyerahkan form pendaftaran dan foto copy KTM serta melakukan registrasi di 
stand atau kantor HMJ Ekos terakhir 15 April 2019
3. Membayar kontribusi Rp 35.000
4. Lomba akan diadakan pada Senin, 29 April 2019.
  • Ketentuan dan Teknis Lomba

1. Setiap peserta membawakan 2 lagu yaitu lagu wajib dan lagu bebas 
Lagu wajib : Darah Juang / Buruh tani (pilih salah satu)
Lagu pilihan : Berbau Religi
2. Durasi waktu 5 menit (untuk ceknsound) dan 5 menit perlagu
3. Aransemen berupa akustik
4. Diperbolehkan solo/duet/grup
5. Panitia hanya menyediakan gitar dan kajonk (dan jika terjadi kerusakan pada alat 
yang disediakan maka peserta wajib bertanggung jawab)
6. Peserta wajib datang dan melakukan registrasi ulang 30 menit sebelum lomba 
dimulai.
7. Peserta yang 3x dipanggil tidak hadir maka dinyatakan didiskualifikasi
8. Peserta menggunakan pakaian bebas dan sopan.
9. Penampilan harus live dan tidak dterbanyak. kan menggunakan rekaman instrumen
10. Saat tampil wajib untuk dividio dan diuploud di sosial media IG dengan 
memfollow dan tag akun Ig resmi HMJ Ekos, dengan ketentuan :
a. Vidio tidak diedit
b. Diambil saat tampil dipanggung dan diuploud setelah lomba selesai
c. Tidak diperkenankan membeli like
d. Sebelum upload wajib follow akun IG resmi HMJ
e. Tag akun IG HMJ dan membubuhkan hastag #Section2019 #Inspiringyouth 
#expressyourpassion #HMJEkosy
f. Akan diambil Juara 1 dan 2 serta Juara tervaforit berdasarkan like ig 
terbanyak
  • Aspek Penilaian

1. Aransemen 40%
2. Stage act and stage attitude 10%
3. Grub skill 30%
4. Harmonisasi 20%
  • Hadiah

1. Juara 1 (Trofi, Sertifikat, dan Uang Pembinaan)
2. Juara 2 (Trofi, Sertifikat, dan Uang Pembinaan
3. Juara Terfavorit (Trofi, Sertifikat, dan Uang Pembinaan)
  • Untuk TM akan di infokan lebih lanjut setelah pendaftaran